Pantai Suluban Blue Point yang Eksotik

Pantai Suluban Blue Point yang Eksotik

Pantai Suluban adalah salah satu pantai di Bali yang menarik para wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun banyak yang tertarik dengan pantai ini.

Pesisir Bali sebelah selatan adalah gudangnya pantai-pantai indah. Salah satu pantai yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah Pantai Suluban. Beberapa hal istimewa dari pantai ini membuatnya ramai dikunjungi oleh wisatawan. Maka dari itu, sebelum pergi sebaiknya Anda mengetahui beberapa informasi mengenai pantai ini. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari pantai ini.

Beberapa Informasi tentang Pantai Suluban

Pantai Suluban terletak tak jauh dari Pura Uluwatu. Pantai ini masuk ke dalam wilayah Kuta Selatan, Kabupaten Badung, tepatnya di Desa Adat Pecatu, Uluwatu. Selain dikenal dengan nama Suluban, pantai ini juga terkenal dengan nama Blue Point Beach. Penyebutan ini dikarenakan di sekitar pantai terdapat sebuah resort bernama Blue Point. Biasanya yang menyebutnya sebagai Blue Point Beach adalah para wisatawan mancanegara.

Nama Suluban sendiri diambil dari kata mesulub yang memiliki arti “berjalan di bawah sesuatu”. Nama ini memang menggambarkan kondisi jalan menuju pantai yang mesti melalui jalan bernaung batu karang.

1. Akses menuju lokasi

Tidak seperti Pantai Kuta atau Pantai Sanur yang bisa terlihat dari tempat parkir, pantai ini agak terpencil. Untuk sampai ke lokasi pantai, Anda harus berjalan melewati banyak terowongan batu karang dan juga anak tangga yang pada beberapa bagian cukup sempit dan terjal. Anda harus berhati-hati saat menuruni anak tangga. Selain curam, kadang-kadang di jalan yang sempit Anda harus berpapasan dengan para surfer yang membawa papan surfing. Selain ombaknya yang ganas, faktor inilah yang membuat Anda sebaiknya tidak membawa anak-anak.

2. Keistimewaan

Ada banyak hal istimewa yang bisa dinikmati jika Anda pergi ke Pantai Suluban. Ombak di pantai ini sangat bagus untuk olah raga selancar atau surfing. Anda bisa mengamati para surfer yang sedang bermain-main dengan ganasnya ombak. Pantai ini memang terkenal sebagai surganya surfing. Wisatawan mancanegara memang banyak yang datang ke pantai ini untuk surfing maupun sekadar berjemur di bawah sinar matahari. Jika Anda membawa anak-anak untuk berlibur, sebaiknya Anda memilih pantai yang lain karena pantai ini memiliki ombak yang ganas.

Pantai yang tak jauh dari Pantai Padang Padang ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu menyukai kebisingan. Tebing-tebing yang tinggi menjadikan suasana pantai ini menjadi cukup sunyi. Selain itu, pemandangan matahari tenggelam juga menjadi salah satu keindahan Pantai Suluban.

Bagi Anda pemilik jiwa pencinta alam, bermalam dengan tenda di bawah tebing pantai tak ada salahnya untuk dicoba. Namun sebaiknya Anda mempersiapkan tenda terlebih dahulu karena di pantai ini belum ada jasa persewaan untuk alat-alat perkemahan.

3. Fasilitas dan Tiket masuk

Di tempat ini Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan karena di atas tebing telah banyak tersedia restoran maupun kafe yang bisa Anda singgahi sambal menyaksikan panorama pantai. Selain itu, di sekitar pantai juga banyak penjual souvenir dan juga peralatan surfing. Apabila ingin menginap, di sekitar pantai juga banyak tersedia hotel atau penginapan yang disediakan oleh penduduk setempat.

Pantai ini memang terkenal. Namun, untuk masuk ke pantai ini Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Misalnya untuk ke tempat ini Anda menggunakan rental motor Bali ataupun kendaraan pribadi, Anda cukup membayar biaya parkirnya saja. Tidak ada biaya lain yang perlu dibayarkan.

Setelah membaca ulasan di atas, semoga Anda bisa mendapatkan informasi yang diinginkan dari Pantai Suluban. Sebelum bepergian, siapkan terlebih dahulu apa yang sekiranya Anda butuhkan.